Review Karihome Susu Kambing Formula Pertama di Indonesia

Selain dinikmati ternyata susu kambing bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan kepada si kecil. Kebetulan, omanya si kecil sudah mengkonsumsi susu kambing untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Susu formula kambing dari KariHome ini menjadi susu formula kambing pertama yang aku berikan ke si kecil.

Grand Launching Karihome

Orient EuroPharma (OEP) meluncurkan Karihome, produk susu kambing formula pertama di Indonesia pada Sabtu, 18 Desember 2021. Susu kambing formula Karihome merupakan hasil inovasi Dairy Goat Co-operative, produsen susu asal New Zealand, yang telah bermitra dengan OEP sejak 30 tahun yang lalu.

Menurut Yohanes Peter Wijaya, Direktur Orient EuroPharma Indonesia, “Susu kambing formula Karihome banyak diminati di luar negeri, seperti di Malaysia, Singapura, Taiwan, China, dan Hong Kong. Kini Karihome hadir di Indonesia untuk mendukung para ibu yang menginginkan nutrisi lebih alami untuk tumbuh kembang si Kecil. Karihome percaya bahwa ASI adalah yang terbaik, sehingga produk susu kambing formula Karihome diformulasikan mengacu pada ASI sebagai gold standard.

Acara peluncuran yang dilakukan secara virtual dan aku berkesempatan mengikuti acara ini secara virtual dari rumah. Dalam acara tersebut turut dihadiri para ahli susu kambing dari Dairy Goat Co-operative (DGC), New Zealand. Dr. Liz Carpenter, Principal Scientist DGC yang menjelaskan bahwa susu kambing secara alami mengandung protein A2 beta casein yang strukturnya lebih lembut dan mudah dicerna oleh anak-anak. 

Susu kambing juga mengandung zat bioaktif alami Nukleotida yang berperan dalam perkembangan sistem imun khususnya pembentukan antibodi pasca-vaksinasi. Inilah yang membedakannya dengan susu lain.

 “Berdasarkan hasil uji klinis yang kami lakukan terhadap 300 anak di Adelaide, Australia, anak yang minum susu kambing formula mengalami pertumbuhan berat badan yang normal dan pencernaan yang lebih sehat.” papar Dr. Liz.  

Menurut penuturan Keith Arnold, Farm Shareholder Service Manager DGC, susu kambing yang diperah di peternakan langsung dibawa ke pabrik dengan truk khusus yang dilapisi insulator untuk menjaga kestabilan suhu susu selama perjalanan dengan tujuannya agar kualitas nutrisi alami di dalam susu tetap terjaga dengan baik.

Pada kesempatan yang sama Ipu Hapi, Manufacturing General Manager dari Dairy Goat Co-operative, New Zealand mengemukakan bahwa proses produksi Karihome menggunakan susu kambing utuh dan melalui proses yang lebih sederhana dengan hanya 1x pemanasan suhu tinggi untuk menjaga nutrisi alaminya. Ipu juga menjelaskan bahwa seluruh proses mulai dari pemerahan hingga pengemasan dikelola di satu tempat yang sama untuk memastikan keamanan dan kualitas produk hingga ke tangan konsumen. 

Acara peluncuran vitual susu Karihome ini juga dimeriahkan dengan sesi talkshow interaktif bertajuk Winning Weaning Talk, di mana ibu-ibu yang hadir sangat antusias berkonsultasi dengan dr. Margareta Komalasari, SpA seputar menyapih si Kecil tanpa drama. Dokter anak yang akrab disapa dr. Atha ini juga sepakat bahwa anak yang telah disapih dari ASI perlu diperhatikan asupan nutrisinya melalui makanan yang bergizi serta susu formula yang alami dan berkualitas. 

Mengenal Karihome

Karihome merupakan rangkaian produk susu formula untuk bayi dan anak berbahan dasar susu kambing pertama dan satu-satunya di Indonesia. 

Karihome sendiri memiliki 3 tahap susu formula mulai dari susu formula untuk bayi, susu formula lanjutan untuk anak usia 6 - 12 bulan sampai susu formula pertumbuhan untuk anak usia 1 - 3 tahun. Susu Karihome dikemas dalam kaleng berukuran 400 gram dengan harga jual tertinggi Rp 360.000,00.

Susu Karihome® mengandung nutrisi yang lebih lengkap, antara lain :

  • Omega 3, Omega 6 dan Taurin yang 3x lebih banyak dari susu sapi. Omega 3, Omega 6 dan Taurin ini baik untuk menutrisi otak/kecerdasan.
  • Nucleotida, tinggi Vitamin C, E, dan Zinc yang baik untuk menjaga daya tahan/imunitas si kecil
  • Sumber Kalsium, Vitamin D, dan Zat Besi sebagai nutrisi pertumbuhan fisik
  • Protein A2 β-Casein 2x lebih tinggi dari susu sapi yang dapat dicerna diserap lebih baik dan lebih cepat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. 

Susu Karihome juga telah teruji klinis sebagai susu formula berbasis susu kambing yang menyediakan nutrisi tepat dan lengkap untuk bayi/anak karena formulanya mendekati ASI. Karihome® adalah susu formula berbasis susu kambing no. 1 yang mendapat approval dari European Food Safety Association (EFSA).
Susu Karihome® diperah, diproses, dan dikemas langsung di New Zealand dengan teknologi 1x pemanasan suhu tinggi yang menjaga higienitas dan nutrisi alami susu kambing di dalamnya.

Keunggulan Susu Karihome

Karihome adalah susu formula, artinya secara komposisi dan kandungan gizinya memang dibuat khusus untuk memenuhi standar gizi susu formula bayi dan anak-anak yang ditetapkan oleh BPOM. 

Susu formula Karihome telah teruji klinis memiliki nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembang bayi dan anak dan secara alami lebih mendekati ASI.

Susu kambing lainnya yang ada di pasaran saat ini bukan susu formula, sehingga kandungan nutrisinya tidak mencukupi kebutuhan tumbuh kembang bayi dan anak. Tidak disarankan untuk dikonsumsi bayi dan anak-anak.


Si Kecil dan Susu Karihome

Awalnya si kaka menolak mungkin karena rasanya yang berbeda dengan susu formula kaka sebelumnya.
Sejujurnya penasaran juga dengan rasanya apa seperti susu kambing segar yang biasa kami konsumsi tapi ternyata tidak ada bau tersebut. 
Rasanya juga nyaman di hidung. Jadi untuk proses minum kedua si kecil sudah mulai suka. 
Aku pun jadi senang karena si kecil sudah suka dengan susu kambing. Jadi sekarang si kecil bisa minum susu kambing serial hari. 

O iya susu kambing ini sudah tersedia di e commerce kesayangan kita semua ya. Susunya tersedia dalam bentuk kaleng ukuran 400 gram. 

Informasi lebih lanjut terkait produk dapat diakses melalui www.karihome.co.id.


Komentar