Saatnya Berkarya di Kompetensi Film Pendek Indonesia di Sundance Film Festival: Asia 2021 Kolaborasi XRM Media dan IDN Media

Film Pendek Indonesia

Banyak orang memilih menonton film sebagai hiburan semenjak pandemi hadir dan mengharuskan kita untuk lebih banyak di rumah saja. 

Saya termasuk orang yang sangat mencintai film. Selain sebagai hiburan, beberapa film yang saya pilih untuk ditonton karena film tersebut memiliki fungsi yang informatif sehingga menambah pengetahuan yang saya miliki walau hanya menontonnya saja. 

Bagi saya, hanya dengan menonton film kita memperoleh inspirasi bagi kehidupan kita. Banyak pengetahuan dan moral yang dapat kita peroleh hanya dengan menonton film. 

Film pendek, contohnya walaupun dikemas dalam bentuk paling simple dan kompleks. Film pendek tersebut tetap mampu memberikan manfaat untuk para penontonnya. Tentunya ini menjadi tantangan bagi para filmmaker untuk membuat sebuah film memiliki arti bagi para penontonnya. 

Walau memang keberadaan film pendek di Indonesia masih sangat jarang karena peminatnya juga tidak terlalu banyak tetapi film pendek memiliki peran sebagai wadah mengekspresikan si pembuatnya. Film dengan durasi singkat memerlukan keahlian bagi si pembuatnya agar para penonton menikmati karyanya.


Kompetensi Film Pendek di Sundance Film Festival: Asia 2021

Sebagai kurator film independen,
Sundance Institute bekerja sama dengan XRM Media dan IDN Media dengan bangga mengumumkan pelaksanaan Short Film Competition sebagai salah satu rangkaian acara di festival Sundance Film Festival: Asia.

Festival ini disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek. Argo sendiri merupakan platform streaming yang menjamin hak komersil para pembuat film. Argo memastikan bahwa pembuat film dapat memiliki kesempatan untuk benar-benar menunjukkan hasil karya mereka, sambil menghibur dan menginspirasi film-film independen yang baru. 

Kompetisi film pendek ini dapat menjadi sarana terbaik bagi para pembuat film untuk kembali mewujudkan kreativitasnya dalam membuat film yang memiliki manfaat bagi para penontonnya. Dalam kompetensi ini, tidak adanya batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan. Para filmmaker dapat menentukan dengan bebas ide dalam menghasilkan sebuah film yang berkualitas.

Film yang diikutsertakan memiliki durasi antara 3 hingga 20 menit. Hal ini akan menjadi tantangan bagi para pembuat film untuk membuat sebuah karya yang layak untuk ditonton oleh seluruh warga Indonesia. 

Kompetisi ini memiliki tujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film dan memperkenalkan mereka ke kancah global.

Film pendek yang terkumpul melalui kompetisi ini akan dikurasi oleh dewan juri yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, Argo, dan seorang sutradara film alumni Sundance Film Festival. Nama yang tergabung sebagai dewan juri antara lain: 

Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival 
Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival 
Susanti Dewi, Head of IDN Pictures 
Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival 
Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo 
 
Film pendek yang memenangkan kompetisi ini akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September mendatang. Waw menarik sekali ya. Ada hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 bagi pemenang Jury Award yang disponsori oleh Argo. Selain itu, karya pemenang juga akan berkesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo.  
Pendaftaran Short Film Competition ini akan dibuka hingga 9 Juli 2021 untuk warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition dapat langsung dilihat di halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Sungguhpun kompetensi ini menjadi angin segar bagi para filmmaker untuk berkompetensi menghasilkan film yang berkualitas. Saya pun sebagai penikmat film pasti akan sangat senang menikmati beragam film pendek terbaru yang akan dihasilkan para filmmaker.

Semoga dengan adanya kompetensi film pendek ini, semakin banyak film berkualitas di Indonesia yang layak untuk ditonton untuk semua warga Indonesia.  

Komentar