Main lagi ke Ancol

Sebagai salah satu warga Jakarta Utara, Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu tempat wisata yang wajib aku dan keluarga besarku kunjungi di akhir minggu.

Letaknya yang cukup dekat dan strategis menjadi tujuan kami menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sayangnya saat masa pandemi, Ancol mempunyai aturan ketat mengenai pengunjung yang datang. Misalnya aturan mengenai usia pengunjung, waktu kunjungan hingga ketentuan mengharuskan membeli tiket secara online.

Ingat rasanya waktu salah satu teman mengadakan ulang tahun di Ancol, aku akhirnya memilih untuk datang sendiri karena saat itu diberlakukan aturan dilarang membawa anak di bawah usia 5 tahun. Tamu yang datang pun terbatas. Pengunjung dibatasi dengan cara memberi tiket secara online dan jika kouta untuk pengunjung di hari itu penuh maka pengunjung dapat membeli tiket di hari lain. Cukup ribet kan? Tapi demi standar keamanan bersama tentu hal ini menjadi saat membantu pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus covid 19. 

Dengan jam operasional yang terbatas, ancol menerapkan dengan sungguh waktu kunjungan. Jika lebih dari waktu kunjungan maka pengunjung tidak bisa masuk. Aku yang sempat datang terlambat ke pesta ulang tahun temanku pun hampir tidak bisa masuk.. Beruntung satpam di Ancol menyampaikan  jika aku bisa masuk  dengan cara menghubungi restaurant tempat pesta temanku berlangsung yaitu Bandar Jakarta, Ancol.

Percayalah di masa pandemi seperti ini, rekreasi menjadi sesuatu yang berharga. Bisa menikmati tiupan angin pantai dan bermain di pantai terasa begitu menyenangkan. Kembali bisa lari pagi bersama si kakak di pinggir pantai tentu menyenangkan.

Kabar baiknya kini, Ancol kita semua bisa kembali berekreasi lagi ke Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. Taman Impian Jaya Ancol kembali membuka tempat rekreasinya dengan tetap menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemprov DKI Jakarta. Penerapan 3M, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker. Penerapan 3M ini sudah pasti harus dipatuhi oleh seluruh pengunjung Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. 

Tidak hanya pengunjung, staf yang bertugas pun juga diwajibkan untuk mematuhi protokol 3M.  Dalam menerapkan komitmen protokol tersebut, Ocean Dream Samudra dan Seaworld menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer sebelum memasuki wahana rekreasi. Para pengunjung yang masuk pun diharuskan mengecek suhu tubuhnya terlebih dahulu. 

Aku dan keluarga pun merasa nyaman dan aman karena bisa kembali menikmati rekreasi di Ancol. Memang beberapa keluarga mungkin khawatir jika membawa si kecil beraktivitas keluar rumah.

Rekreasi di Masa Pandemi 

Rekreasi di masa pandemi seperti oasis di tengah gurun pasir rasanya. Mungkin tidak menjadi sebuah kebutuhan wajib tapi buat keluarga, rekreasi sangat dibutuhkan di masa pandemi. Setelah di rumah saja selama hampir sembilan bulan di rumah saja kangen rasanya beraktivitas bersama anak di luar rumah. Jujur, terkadang khawatir apalagi di usia Petra yang masih 2 tahun dan Athena 9 bulan. Di usia tersebut sulit untuk anak-anak diminta untuk diam dan tenang tanpa menyentuh apapun di tempat wisata. 

Beruntungnya,  Ancol secara berkala disemprot desinfektan untuk tetap menjaga kebersihan. Petugas melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus covid 19.

Saat menonton feeding main tank si Seaworld yang melibatkan dua divers dapat sambil menikmati sambal lesehan di area karpet yang disediakan. Tapi tenang kita tetap menjaga jarak. Pihak Ancol  menyediakan kursi yang sudah diberi jarak sekitar 1,5 - 2 m untuk tetap mengikuti protokol kesehatan. 

Di Ocean Dream Samudra pun, saat menonton aksi lumba-lumba, tribun penonton diberikan signage untuk menandakan jarak antar penonton. Selain daripada menjaga jarak, rekreasi di saat pandemi ini juga menimilasir kontak langsung dengan hewan atau biota di Sea World Ancol maupun Ocean Dream Samudra. 

Yang berbeda lagi adalah tidak diberlakukan pemberian makan penyu oleh pengunjung di kolam touchpool Sea World. Aktivitas berenang bersama lumba-lumba di Ocean Dream Samudra juga belum dibuka untuk umum. Hal ini untuk menjaga satu sama lain agar dapat meminimalisir kontak langsung.

Ancol kini memperbolehkan bagi pengunjung dibawah 9 tahun untuk berekreasi ke Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol. Regulasi terbatas KTP wilayah DKI Jakarta pun juga sudah dilonggarkan. 

Namun, untuk tetap menjaga protokol maka pembelian tiket diarahkan online, bisa melalui www.ancol.com untuk meminimalisir kontak dan menjaga kapasitas area sebesar 50% dari kapasitas normal agar tetap dapat menerapkan physical distancing di kawasan rekreasi.

Untuk tetap update dengan info terkini tentang Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol bisa langsung follow akun Instagram di @seaworld.ancol dan @oceandreamsamudra . Jangan lupa gunakan hashtag #mainlagikeSamudra , #thinkfishSahabatLaut , #oceandreamsamudra , #seaworldancol


Komentar