Ruam Popok Pada Bayi

Sebagai ibu muda, merawat si kecil selalu menjadi tantangan tersendiri bagiku. Semenjak memiliki si kecil, aku harus selalu siap untuk mengatasi masalah yang berhubungan sama si kecil. Karena tentunya aku ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Salah satu tantangan yang paling umum terjadi adalah masalah ruam popok bayi. Apalagi untuk ibu muda bekerja sepertiku yang memilih memakai diapers dibandingkan menggunakan popok kain. 

Ruam popok bayi ini muncul biasanya diakibatkan penggunaan diapers yang terlalu lama atau memang kondisi kulit si bayi yang sensitif. Ruam popok dapat menimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman pada si kecil sehingga si kecil menjadi rewel dan susah tidur. 

Beruntungnya saat anak pertama tidak mengalami masalah ruam popok bayi. Tetapi berbeda sama adiknya. Anakku yang kedua, si adik pernah terkena ruam popok. Si adik memang punya kulit yang sensitif seperti papanya. Waktu itu sedih banget deh lihat si adik rewel karena bagian diapersnya merasa gatal hingga luka. 

Saat aku diundang ke acara gathering blogger bersama Fimela dan Bepanthen aku senang sekali. Apalagi tema yang akan dibahas adalah mengenai ruam popok pada bayi. Berharap dari acara gathering blogger hari itu akan banyak informasi yang aku dapat untuk mengatasi masalah mencegah ruam popok bayi si adik. Bersyukurnya lagi, aku bisa membagikan informasi tersebut kepada teman-teman pembaca blogku. 


A picture containing text, cluttered, shop

Description automatically generated


Blogger Gathering with Fimela 

Acara Blogger Gathering with Fimela diadakan pada hari Kamis, 18 Agustus 2022 di Wyl's Kitchen, Hotel Veranda, Jakarta Selatan. Acara hari itu bertemakan “Area Popok Terlindungi, #BosKecilku Ceria Setiap Hari”. Acara gathering tersebut juga dihadiri oleh narasumber. Hadir Dr. Reza Fahlevi, Sp. A (Pediatrician), Nabila Gardena (Personal Blogger), dan Debi Widianti (Marketing Manager Dermatology PT Bayer Indonesia) yang akan berbagi seputar masalah ruam popok bayi. Acaranya juga dipandu oleh  MC cantik, Egiet Hapsari. 


Kupas Tuntas Ruam Popok Bersama narasumber

Narasumber pertama adalah Dr Reza. Dr Reza membagikan pemahaman mengenai cara merawat area popok #BosKecilku agar terhindar dari ruam popok. Ternyata memang masalah ruam popok solusinya bukan hanya dengan mengganti merek diapers.

Dulu saya pun berpikir dengan mengganti brand dari diapers yang adik pakai akan membantunya terhindar dari ruam popok bayi. Ternyata tidak. Ada banyak hal yang harus kita perhatikan agar si kecil terhindar dari masalah ruam popok bayi.

Dr Reza bahkan memberikan tips mencegah ruam popok bayi dengan istilah ABCDE. Penasaran? Baik aku share satu per satu ya.


A picture containing text

Description automatically generated


Cara Mencegah Ruam Popok Bayi

A untuk Air

Air yang berarti udara dalam Bahasa Indonesia. Memakai diapers tentu akan membantu kita dalam menjaga si kecil. Tentu memakai diapers daripada popok bayi akan lebih menyenangkan buat kita karena cucian aman ya. Tetapi ternyata kulit bayi juga butuh udara. Jadi usahakan dalam sehari anak tidak memakai diapers agar kulit anak dapat “bernafas”.

B untuk Barrier

Kita sebagai ibu tentunya harus memberikan perhatian pada lapisan kulit terluar bayi. Hal itu penting karena barrier kulit kita memiliki peran yang sangat penting untuk perlindungan kulit dari berbagai macam faktor yang memicu kerusakan pada lapisan kulit terluar kita. Tentunya kita harus memilih perawatan untuk skin barrier bayi yang aman, tidak berbahaya dan bermanfaat.

C untuk Clean

Kita harus menjaga kebersihan daerah popok bayi si kecil. Jangan sampai karena alasan iklan diapers yang bisa tahan 12 jam maka kita baru mengganti diapers bayi 12 jam kemudian. Aduh aku kebayang deh rewelnya bayi kalau sampai kita melakukan itu. Makanya Dr Reza menyarankan untuk mengganti diapers bayi setiap 4 jam sekali. Cara membersihkan daerah popok yang terbaik adalah menggunakan air dengan mengusapnya dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya. Jika kita mengusapnya dengan arah dari belakang ke depan bisa jadi kuman dari feses bayi akan terbawa masuk ke bagian kelamin si kecil. Jadi penting sekali untuk menjaga kebersihan bayi.

D untuk Diapers

Memilih diapers yang tepat untuk bayi. Bukan berarti harus yang mahal dengan brand tertentu tetapi dipilih yang sesuai dengan kulit si kecil. Kita juga harus memperhatikan size dari diapers yang dipakai bayi jangan sampai terlalu besar atau mungkin kekecilan sehingga membuat bayi tidak nyaman. 

E untuk Education

Dr Reza berharap teman-teman blogger dapat membagikan informasi yang beliau sampaikan kepada banyak orang melalui tulisan yang dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Hari itu, Nabila Gardena juga berbagi pengalaman mengenai dirinya sebagai ibu muda yang memiliki seorang buah hati. Ternyata hal yang sama juga terjadi pada Nabila saat mengasuh anaknya Bersama suaminya dan juga mengalami ruam popok. Nabila menyampaikan jika untuk membersihkan area popok bayi akan lebih baik jika menggunakan air sehingga area popok bayi menjadi bersih. Ia menambahkan mungkin akan lebih ribet tetapi popok bayi akan lebih bersih. 


Gejala Ruam Popok Bayi

Ruam popok umumnya memang terjadi saat usia anak 9 – 1 tahun karena saat diusia tersebut penggunaan popok bayi akan lebih sering. Umumnya terdapat pada bokong, lipatan paha, dan sekitar alat kelamin. Ada beberapa gejala ruam popok bayi yang dapat kita waspadai sebagai ibu, antara lain adalah :

  • Munculnya kemerahan seperti ruam-ruam yang terasa hangat dan tampak bengkak. Ruam merah ini dapat menyebabkan luka, karena tergesek diapers dan pakaian, atau digaruk oleh bayi.

  • Bayi biasanya akan menjadi rewel, terutama saat area yang mengalami ruam dibersihkan atau ketika popoknya diganti.

  • Pada tahap parah ruam akan menjadi luka lepuh, menggelembung, bernanah, dan diiringi dengan demam.

Lalu bagaimana kita sebagai ibu memberikan penanganan terbaik saat si kecil mengalami ruam popok bayi? Dr Reza juga mengingatkan jika kita harus memilih produk salep bayi yang aman, tidak berbahaya dan bermanfaat untuk bayi. 

A picture containing text

Description automatically generated

Bepanthen Salep Popok Bayi Mengatasi Ruam Popok

Salep Bepanthen® adalah salep popok bayi yang yang teruji klinis untuk merawat kulit bayi dan melindungi dari gesekan popok salah satu penyebab ruam popok pada bayi. Dengan TRIPLE ACTION FORMULA yang di dalamnya terdapat Pro Vitamin B5 atau Dekspanthenol, Bepanthen® juga melembutkan kulit bayi setiap hari.

Debi Widianti juga menyampaikan beberapa keunggulan dari Bepanthen Salep Popok Bayi, yaitu :

  • Produk Bepanthen ini merupakan produk dari brand global yang sudah lebih dari 75 tahun di dunia dan sudah dipasarkan di 130 negara.

  • Bepanthen juga memberikan lapisan pelindung pada kulit bayi  tanpa menghalangi pertukaran udara dan air.

  • Bepanthen memberikan lapisan pelindung yang kuat yang lentur sesuai gerakan bayi tanpa retak. Bepanthen tahan sampai 10 jam.

  • Bepanthen sudah teruji klinis untuk khasiat dan untuk merawat kulit bayi di area popoknya.

  • Bepanthen mengandung bahan-bahan yang hanya diperlukan kulit bayi.

  • Bepanthen sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI

Bepanthen memiliki kandungan utama Pro Vitamin B5 (Dekspanthenol) yang berguna untuk merawat, menjaga dan memperkuat fungsi pertahanan kulit bayi. Selain itu Bepanthen juga mengandung Aqua (Water), Lanolin, Paraffinum liquidum, Petrolatum, Panthenol, Prunus amygdalus dulcis oil, Beeswax, Cetyl alcohol, Stearyl alcohol, Ozokerite, Glyceryl oleate, Lanolin alcohol. Dengan kandungan Sweet Almond Oil, Lanolin dan Paraffinum liquidum, Bepanthen® bekerja untuk melembutkan kulit bayi setiap hari dan Lanolin yang memberikan lapisan pori untuk melindungi kulit bayi dari gesekan dengan popok.

Bepanthen tersedia dalam bentuk tube salep ukuran 10g dan 20g. Cara pemakaian Bepanthen juga sangatlah muda. Kita cukup membersihkan kulit bayi dengan air kemudian mengoleskan Bepanthen dengan tipis dan merata pada kulit yang akan tertutup popok serta daerah lipatan seperti paha dan selangkangan. Untuk hasil optimal, gunakan Bepanthen sebelum memakai popok setiap hari.

Bepanthen juga sudah terdaftar di BPOM dengan nomor NA 18210103510. 

Khusus untuk pembelian Bepathen di Bayer Official Store Shopee akan ada diskon khusus sampai 50% dengan menggunakan Kode Voucher BAYERBE04 melalui pembelian di link ini https://shopee.co.id/product/58696021/19031440263/?smtt=9&utm_campaign=s58696021_ss_id_igip_organic-kol_bp&utm_content=organic-kol&utm_medium=seller&utm_source=instagram

Jangan sampai tidak digunakan kode vouchernya ya. Bepanthen Salep Popok Bayi, #BosKecilku ceria setiap hari.

Komentar